BPJ Resmikan Serah Terima PLTS Atap Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Pangkalpinang|Jejakperistiwainfo.com- Peresmian dan Serah Terima Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap Provinsi Kepulauan Bangka Belitung” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023 di Kota Pangkalpinang.

Acara peresmian dilakukan bersama Anggota Komisi VII DPR-RI, Bapak Bambang Patijaya, S.E, M.M dan Wakil Walikota Pangkalpinang untuk Pemasangan PLTS Atap Tahun Anggaran 2022. Jumlah PLTS Atap TA 2022 yang masuk Dapil Bapak Bambang Patijaya, S.E, M.M adalah sebanyak 2 unit PLTS Atap yang terpasang di Kota Pangkalpinang sebanyak 1 unit kapasitas 10 kWp (Universitas Pertiba) dan Kabupaten Bangka 1 unit kapasitas 5 kWp (SMA Setia Budi YPLN Setia Budi).

Acara tersebut dihadiri :

1. Bapak Bambang Patijaya, S.E, M.M – Anggota Komisi VII DPR RI;

2. Bapak Drs. Zufriady, S.E, M.M – Anggota DPRD Kota Pangkalpinang;

3. Bapak Muhammad Sopian, BA, – Wakil Walikota Pangkalpinang;

4. Bapak Adisuputra – Ketua Yayasan Pertiba;

5. Bapak Suhardi, SE, M.Sc, Ak.CA, CATr, – Rektor Universitas Pertiba;

6. Bapak Rully Ardianto – Wakil Kepala Sekolah SMA Setia Budi;

7. Pengurus Yayasan Setiabudi – Bapak Rudi Wijayanto;

8. Bapak Munif Budiman- Manajer PT. PLN UIW Bangka Belitung;

9. Perwakilan PT. INTI selaku Penyedia Barang dan Jasa;

10. Dekan dan Kepala Program Studi dalam Lingkup Universitas PERTIBA;

11. Agus Bastiawan – Bhabinkamtibnas kelurahan Kejaksaan Polsek Tamansari;

12. Bapak Reilan – Camat Tamansari Kota Pangkalpinang;

13. Ibu Yuli Akasia – Lurah Kejaksaan Kota Pangkalpinang.

Dalam sambutannya, Anggota Komisi VII DPR RI, Bapak Bambang Patijaya menyampaikan perasaan senang atas pelaksanaan kegiatan peresmian, khususnya atas Pemasangan PLTS Atap di Bangka Belitung. Komisi VII DPR RI konsisten mendukung transisi energi dari energi fosil menjadi energi baru terbarukan (EBET). Saat ini sedang disusun RUU (EBET) yang mendukung RUEN dimana target capaian bauran energi nasional dari sektor EBT sebesar 23% pada tahun 2025. Namun pada tahun 2021 capaian baru 11 % dan capaian pada tahun 2022 baru 14%. Sehingga perlu didorong percepatan penerapan energi baru yang sedang disusun melalui RUU EBT.

Saat ini di Bangka Belitung masih ada daerah yang belum teraliri listrik yaitu di Pulau Nangka. Komisi VII DPR RI terus menyusun program program untuk membantu Pemerintah Daerah dan masyarakat.

Wakil Walikota Pangkalpinang Bapak Muhammad Sopian, BA, mengucapkan terimakasih atas bantuan PLTS Atap di Pangkalpinang. Perkembangan teknologi harus mengarah ke arah energi bersih. Bantuan PLTS Atap di Universitas Pertiba sebagai edukasi teknologi energi bersih yang mudah, murah dan efisien. Diharapkan Pemerintah Pusat bersama Anggota DPR-RI dapat terus memberikan bantuan dan edukasi di Pangkalpinang.

Selain itu, pada kegiatan tersebut, dalam sambutan Bapak Adi Suputra selaku Ketua Yayasan Pertiba menyampaikan terima kasih atas bantuan PLTS Atap 10 kWp di Universitas Pertiba. Efisiensi yang dicapai dengan pemasangan PLTS Atap sebesar 38%. Universitas Pertiba mengusung konsep Sustainable University sangat menyambut baik bantuan PLTS Atap dari Kementerian ESDM.

Pada kesempatan kali ini, dalam sambutan Direktur Renbang Infrastruktur EBTKE yang disampaikan oleh Bapak Agung Feinnudin selaku Kasubdit Pengawasan Pembangunan Infrastruktur EBTKE menyanpaikan bahwa Pemerintah mendorong pemanfaatan energi terbarukan secara masif khususnya PLTS Atap, baik di lingkungan Pemerintah, bangunan Komersial, Industri dan lain sebagainya.

Dalam rangka percepatan peningkatan pemanfaatan energi baru dan energi terbarukan dalam bauran energi nasional serta peningkatan eflsiensi energi sesuai dengan target Kebijakan Energi Nasional, perlu mendorong pemanfaatan energi surya yang ramah lingkungan untuk pembangkitan tenaga listrik menggunakan sistem pembangkit listrik tenaga surya atap oleh konsumen PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk kepentingan sendiri.

Kementerian ESDM dengan dukungan dan aspirasi Bapak Bambang Patijaya, S.E, M.M (Anggota Komisi VII DPR-RI) serta Pemerintah Kota Pangkal Pinang dan Pemerintah Kabupaten Bangka telah berhasil memasang sebanyak 2 (dua) unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap pada tahun anggaran 2022.

Di wilayah Kota Pangkalpinang, PLTS Atap dipasang di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perguruan Tinggi Bangka (STIE – PERTIBA) Pangkalpinang dengan kapasitas 10 kWp, sedangkan di wilayah Kab. Bangka, PLTS Atap dipasang di Yayasan Pendidikan Lembaga Nasional (YPLN) Setia Budi, Sungailiat dengan kapasitas 5 kWp. Kami juga mengharapkan PLTS Atap yang telah dipasang, dapat dijaga bersama, agar manfaatnya dapat bisa dirasakan dalam jangka waktu yang panjang.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan Serah Terima PLTS Atap antara Ditjen EBTkE dengan Yayasan Pertiba (10 kWp) dengan nilai aset Rp230.343.284,- serta Serah Terima PLTS Atap antara Ditjen EBTKE dengan Yayasan Setia Budi (5 kWp) dengan nilai aset Rp168.189.004,-

Alhamdulillah, acara berlangsung dengan ramai dan lancar dengan cuaca dalam keadaan cerah. Peserta yang hadir lebih dari 100 peserta.(Red)